Sohib-sohib

Jumat, 25 Februari 2011

Kabar Burung Kecil


Sohib-sohib mungkin udah pada tau sama twitter, itu tuh si pembawa kabar burung, burungnya kecil, pendek cuma 350 karakter gituh? tapi jangan ditanya soal dampak yang dia/mereka bawa (mereka, karena mungkin burung kecilnya banyak hehe...), para net citizen di seluruh dunia mungkin bisa geger karena twittan yang pendek itu. Seperti belum lama ini ketika ada tweet yang mengabarkan Mick Jagger meninggal dunia, woww... beritanya langsung nyebar, banyak media yang kemudian memberitakan ulang. Tapi rupanya kabar itu hanya hoax, ya berita itu bohong.


Tapi kabar telah terlanjur tersebar kemana-mana, beberapa sudah terlanjur percaya, mungkin beberapa udah ada yang bikin yasinan di rumah, hehe.. dan masih banyak lagi kabar hoax lain dari twitter yang walaupun mungkin belum berdampak berbahaya tapi tetap saja kita harus waspada.


Ini memang salah satu kelemahan dari Twitter, karena pesannya yang terlalu singkat kadang orang yang tidak mau kroscek lalu serta merta re-tweet, begitu seterusnya, padahal seharusnya setiap pesan yang kita terima entah dari Twitter, facebook, dari media besar sekalipun dengan tulisan yang banyak, sebaiknya kita cek ulang lagi, cek dan ricek, cari sumber lain, bikin pembanding, supaya ke depannya kita tidak ikut-ikutan mengabarkan berita yang salah, karena mungkin itu akan berdampak buruk untuk kita dan lingkungan kita.


Peace! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar